Time: 4:47

Sambangi Warga, Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Ancaman Hukum Penyebar Berita Hoax

Selasa, 13 Maret 2018 20:02

Tribratanewspolresbrebes.com - Pada saat sekarang adalah era informasi yaitu mudahnya mendapatkan informasi berkat kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi, informasi dapat dengan mudah kita terima dengan hanya membuka ponsel android / gadget sudah tersedia berbagai informasi tidak perlu repot seperti era dahulu dengan membeli koran, tabloid atau mendengarkan radio.

Dalam Hp Andriod terdapat beberapa aplikasi yang dapat dijadikan untuk bertukar informasi dan berkomunikasi. Aplikasi tersebut selain untuk berkomunikasi juga bisa untuk menayangkan suatu berita atau informasi yang kita sebut dengan media sosial seperti Face Book , Whats Ups, Instagram dan sebagainya.

Kebebasan bertukar Informasi dan berkomunikasi inilah yang akan berbahaya jika tidak ada pengawasan dan kedewasaan serta wawasan dari pada orang yang sedang membaca atau mencari informasi bahkan sedang berkomunikasi bisa mengakibatkan permusuhan, pembodohan  bahkan perbuatan yang merugikan orang lain yang bisa berakibat kepada tindak pidana.

Dalam kesempatan sambangnya, Selasa (13/3/2018), Bhabinkamtibmas Desa Songgom Polsek Songgom Polres Brebes Bripka Henry Susanto melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada warga dengan memberikan materi tentang bahaya akan berita bohong yang kita kenal dengan nama Hoax.

Dalam kegaiatan tersebut Bripka Henry Susanto juga membahas tentang dasar hukum dari pengawasan dan penegakan hukum bagi penyebar berita bohong seperti yang tertuang pada Undang – Undang RI No.11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektonik.    

Dijelaskan dalam Undang – undang tersebut membahas tentang beberapa hal yang bisa orang dijadikan terancam pidana yaitu tidak membuat, membagikan atau memberikan akses konten bermuatan kesusilaan dengan ancaman hukuman  adalah dipidana paling lambat 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

“Tidak boleh  sembarangan mengancam, memeras dan memcemarkan nama baik seseorang, menyebarkan berita bohong atau  Hoax, ancaman hukuman menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar,” jelasnya.

Selain itu, Bripka Henry Susanto juga menhimbau agar jika menemukan atau melihat tentang hoax tersebut agar segera dilaporkan kepada Polsek Songgom untuk ditindak lanjuti. (Pid Sggm)

 

Nilai berita ini
(0 pilihan)
Baca 54 kali

ads

GALLERY GIAT

Silaturahmi dengan Media

Silaturahmi dengan Media

Ngobar Remmas Desa Kaliwlingi

Ngobar Remmas Desa Kaliwlingi

Upacara Ziarah Nasional Dalam Rangka HUT TNI ke 72

Upacara Ziarah Nasional Dalam Rangka HUT TNI ke 72

Silaturahmi Kapolres Brebes dengan Warga Desa Cikeusal Kidul, Cukeusal Lor dan Pamedaran

Silaturahmi Kapolres Brebes dengan Warga Desa Cikeusal Kidul, Cukeusal Lor dan Pamedaran

Flag Counter