Time: 6:29
Berita disaring berdasarkan tanggal: Jumat, 06 April 2018

Tribratanewspolresbrebes.com - Unit PPA adalah salah satu unit bagian dari Reserse Kriminal yang melayani kasus-kasus kriminal seputar Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) maupun pelecehan seksual.

Tugas unit PPA disini adalah melakukan pemeriksaan baik terhadap tersangka pelaku dan korban kasus-kasus tersebut. Menerima pengaduan dan laporan polisi dari masyarakat.

Tujuan unit PPA meminta keterangan adalah untuk mendapatkan kelengkapan fakta hukum dan terutama hal-hal apa yang mendasari seseorang dapat bertingkah laku demikian. Selain itu, unit PPA sendiri juga bekerja sama dengan instansi lain seperti PPT Tiara dibawah naungan BP3KB dan Balai Pemasyarakatan ( Bapas). Dengan adanya kerjasama dengan instansi tersebut diharapkan semakin mudah dalam pelaksanaan tugas.

Banyak sekali pengalaman yang menarik di unit PPA. Penyidik menyadari begitu banyaknya kasus-kasus dan pengaduan-pengaduan yang masuk setiap harinya ke unit PPA. Dan masyarakat yang mengadukan perihal permasalahan yang sedang dialami umumnya ingin mendapat kejelasan. Biasanya pada saat unit PPA menerima pengaduan,  pelapor atau pengadu akan di buatkan pengaduan dan selanjutnya di mintai keterangan.

Kanit PPA Polres Brebes menyampaikan, semakin hari terlihat bahwa keberanian masyarakat untuk melapor semakin meningkat. Terbukti dengan banyaknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terungkap, maupun diadukan dan ditangani aparat penegak hukum karena adanya keberanian masyarakat untuk melaporkan kejadian di lingkungannya. (Pid Reskrim)

Diterbitkan di Reskrim

Tribratanewspolresbrebes.com - Seusai memberikan pengarahan dan penekanan segala kegiatan kepada anggota Polsek Jatibarang, AKP Mulyono, selaku Kapolsek melanjutkan dengan pemeriksaan senjata inventaris yang ada di Polsek Jatibarang, Kamis (5/4/2018).

Bertempat di aula Polsek Jatibarang sekitar pukul 08.00 wib, Kapolsek memberikan penjelasan tentang pengamanan kantor sebagai pemahaman kepada seluruh anggota khususnya Polsek Jatibarang sebagai antisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pemeriksaan senjata inventaris kantor maupun inventaris perorangan bertujuan untuk pengawasan dan pengendalian anggota dalam bertugas agar tidak menyalahi prosedur penggunaan senjata api.

 Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk antisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota. Maka dari itu perlu diadakannya pengawasan dan pengendalian,ungkap Kapolsek. (Pid Jtb)

Diterbitkan di Sabhara

Tribratanewspolresbrebes.com - Bertempat di Rumah Dinas Camat Jatibarang, berlangsung silaturahmi pengurus Majlis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama (MWC-NU) Jatibarang dan Ketua Badan Otonom dengan Muspika Jatibarang. Kamis (5/4/2018).

Kegiatan digelar dalam rangka menjaga tali silaturahmi antara Muspika Jatibarang dengan MWC-NU Jatibarang dan ketua Badan Otonom untuk menciptakan suasana yang kondusif khususnya di wilayah Kecamatan Jatibarang. Kegiatan Silaturahmi ini dihadiri oleh 25 orang terdiri dari Plt Camat Jatibarang Subagyo, Kapolsek AKP Mulyono, Danramil diwakili Serka Wawan, Rois Syuriah MWC NU KH. Farikhin Washadi Ketua Tanfidziyah Drs. Afifullah, Ketua Muslimat NU Hj. Muzalfah, Ketua Ansor agus Dwi Prihanto, ketua IPNU dan IPP NU Taufan AR dan Pengurus MWC dan Ranting NU

“Program kerja pengurus MWC NU dalam tahun ini akan lebih kepada pembenahan ranting - ranting di desa karena banyak hal di ranting yang perlu disikapi dan dibenahi sehingga apabila ada sesuatu hal kami butuh rangkulan jajaran muspika.  Semoga dengan adanya silaturahmi ini menjadikan awal kerjasama dan komunikasi yang dapat terjalin dengan baik,” Ungkap KH Farihin.

Sementara itu Kapolsek Jatibarang menambahkan apabila ulama dan umara selalu bergandengan tangan insyallah pelaksanaan tugas akan berlangsung dengan lancar.

Dalam kesempatan ini pula, Kapolsek berpesan dalam rangka Pilgub dan Wagub Jateng 2018 mohon didoakan agar wilayah kita aman dan kondusif, persatuan dan kerukunan tetap dijaga meskipun pilihan berbeda. “Kami dari Polsek Jatibarang mengaharap kerjasama antara tokoh agama dalam menjaga kondusifitas di masyarakat agar tercipta kerukunan dan kenyamanan dalam bermyarakat,” Kapolsek.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh KH. Farikhin Washadi dan sesi foto bersama, Secara keseluruhan kegiatan silaturahmi berlangsung dengan baik dan penuh kekeluargaan. (Pid jtb)

Diterbitkan di Mitra Polisi

Tribratanewspolresbrebes.com - Kamis (5/4/2018), Polsek Jatibarang Polres Brebes Polda Jawa Tengah melaksanakan kegiatan kreatif berupa perpustakaan keliling yang menyasar anak-anak sekolah Dasar.

Dalam rangka menambah minat baca di kalangan anak sekolah dasar, Brigadir Heru Yunianto berencana akan menyambangi SD Negeri 2 Jatibarang Kidul.

Sambutan hangat nampak pada dewan guru dan murid-muridnya. Melihat motor Bhabinkamtibmas tiba di sekolahnya, puluhan anak-anak langsung menyerbu. Anak-anak tersebut nampak sudah akrab dengan  Brigadir Heru.

Brigadir Heru adalah satu diantara puluhan Bhabinkamtibmas yang dipercaya Polres Brebes untuk melaksanakan salah satu program unggulan Perpustakaan Keliling dalam upaya menumbuhkan minat baca dikalangan anak sekolah dasar.

Anak-anak terlihat berebut untuk memilih buku. "Luar biasa terobosan dari Polres Brebes, anak-anak sangat bersemangat sekali dalam menerima cerita dan langsung berebutan memilih buku," kata Kepala sekolah

Sementara itu Kapolsek Jatibarang AKP Mulyonomenambahkan bahwa personilnya selalu siap sedia dalan rangka melaksanakan tugas-tugas kepolisian dalam hal ini perpustakaan keliling yang notabene masih jarang daerah atau Polres lain yang melaksanakan. “Selain menumbuhkan kembali minat baca anak-anak, dengan kegiatan ini kami dari kepolisian bertujuan untuk menjadikan Polisi terutama Bhabinkamtibas menjadi sahabat anak,"kata Kapolsek. (Pid Jtb)

 

Diterbitkan di Mitra Polisi

Tribratanewspolresbrebes.com - Untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas Kepolisian dalam rangka melindungi, mengayomi dan mmelayani masyarakat, Bhabinkamtibmas Desa Limbangan Brigadir Samsul melaksanakan Sambang Desa dialogis Dengan Perangkat Desa Limbangan Saudara Saroni dibalai desa Limbangan Kecamatan Losari, Kamis pagi (05/04/2018).

Kegiatan sambang desa dialogis dengan perangkat Desa ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas untuk menjaga sinergitas dan kemitraan antara aparat keamanan dengan aparatur pemerintahan dan warga masyarakat yang ada diwilayah hukum Polsek Losari khususnya di Desa Limbangan guna menjaga kondusifitas Kamtibmas.

Kapolres Brebes AKBP Sugiarto melalui Kapolsek Losari AKP Suraedi, menjelaskan bahwasannya dengan meningkatkan giat Sambang Desa dengan melakukan dialogis dalam pelaksanaan tugas ini diharapkan Bhabinkamtibmas akan lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan atau menggali informasi lebih banyak dari warga masyarakat mengenai keadaan Kamtibmas di Desa binaannya. (Pid Losari)

Diterbitkan di Binkam

Tribratanewspolresbrebes.com - Tampak dari kejauhan puluhan anak-anak berdesakan mengepung motor patroli Anggota Polsek Losari Polres Brebes, Brigadir Harfyanto yang merupakan bahabinkamtibmas Desa Prapag Lor.

Anak-anak tersebut bukannya akan bertindak anarkis seperti tayangan-tayangan ditelevisi, namun mereka sedang asyik mendengarkan cerita yang dibacakan oleh Brigadir Harfyanto yang bertempat di SD N 02 Prapag Lor, Kamis (05/04/2018).

Brigadir Harfyanto adalah satu diantara puluhan Bhabinkamtibmas yang dipercaya Polres Brebes Polda Jateng untuk melaksanakan salah satu program unggulan Perpustakaan Keliling dalam upaya menumbuhkan minat baca dikalangan anak sekolah.

Anak-anak SD N 02 Prapag Lor terlihat sangat antusias. “Luar biasa terobosan dari Polres Brebes, anak-anak sangat bersemangat sekali dalam menerima cerita dan langsung berebutan memilih buku,” kata bapak Santo salah satu guru Kelas.

“Bukunya kurang banyak, saya jadi ngga kebagian, ya sudah bacanya bareng-bareng saja, nanti kalau boleh mau saya pinjam,” kata salah satu anak.

Sementara itu Kapolres Brebes AKBP Sugiarto melalaui Kapolsek Losari Akp Suraedi mengatakan kegiatan perpustakaan keliling merupakan upaya Polres Brebes dalam meningkatkan minat baca kepada msyarakat Brebes.

Banyaknya minat baca anak-anak pagi ini sungguh diluar dugaan, besok direncanakan Brigadir Harfyanto akan mendatangi sekolah-sekolah yang lain agar semua sekolah dasar bisa mendapat giliran perpustakaan ini. (Pid Losari)

 

Diterbitkan di Mitra Polisi

Tribratanewspolresbrebes.com - Dalam rangka menjaga kemitraan dan kerja sama yang baik antara tokoh agama, tokoh masyarakat dengan pihak Kepolisian, Bhabinkamtibmas Polsek Larangan Polres Brebes  Desa Siandong Kecamatan Larangan kabupaten brebes Bripka Bambang Sutrisno melaksanakan kegiatan Silaturahmi ke Tokoh agama Desa siandong Ustad Dunarso, Jum’at malam (06/04/2018)

Kegiatan bersilatusami ke tokoh agama tersebut dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas desa siandong Bripka Bambang Sutrisno dimaksudkan untuk menjalin kemitraan dan kerja sama yang baik antara tokoh agama, tokoh masyarakat dengan Kepolisian guna menjaga situasi yang aman, kondusif di wilayah Polsek Larangan, Polres Brebes Polda Jawa Tengah.

Pada kegiatan tersebut Bripka Bambang Sutrisno menyampaikan pesan pesan kamtibmas pada tokoh agama Ustad Dunarso antara lain yang pertama “agar tokoh agama, tokoh masyakat mewaspadai bahayanya faham radikalisme, yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Yang kedua agar tokoh agama, tokoh masyarakat tidak mudah percaya, terpengaruh dan terprovokasi oleh berita berita yang tidak benar sifatnya mengadu domba antar suku, agama, ras (Sara) yang dapat menecah belah persatuan dan kesatuan bangsa kita.

Yang ke tiga agar tokoh agama, tokoh masyarakat ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkunganya masing masing dengan meng aktifkan lagi kegiatan poskamling, lakukan tamu wajib lapor 1 x 24 jam ke rt , rw setempat dan tingkatkan kewaspadaan, terutama terhadap orang orang yang tidak dikenal berada di lingkungan masing masing jika mencurigakan agar segera melapor ke Polsek Larangan Polres Brebes, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak kita inginkan, sehingga di Desa Siandong wilayah Polsek Larangan, Polres Brebes, tetap aman kondusif tidak terjadi gangguan kamtibmas.

Sementara itu Kapolres Brebes melalui Kapolsek Larangan Polres Brebes AKP Djoko mengatakan dirinya telah memerintahkan untuk melakukan sambang dan memberikan pesan – pesan kamtibmas kepada warga binaanya. (Hms/pid Larangan)

 

Diterbitkan di Binkam

Tribratanewspolresbrebes.com - Kapolsek Larangan Polres Brebes AKP Djoko Witanto SH MH, melaksanakan pengecekan kebersihkan senjata api (senpi) inventaris laras panjang milik dinas yang disimpan almari terkunci di ruang SPKT Polsek Larangan, kegiatan kebersihan senpi sudah menjadi kegiatan rutin setiap harinya bagi Ka SPKT dan Anggota mengecek dan membersihkan senjata api inventaris dinas, Jum’at (06/05/2018)

Pemeriksaan sendiri meliputi semua aspek, mulai dari cara penyimpanan, kelengkapan administrasi, kondisi, serta kebersihan senpi guna menunjang pelaksanaan tugas kedinasan Unit Patroli seperti SV2.

Kapolsek Larangan AKP Djoko Witanto SH MH, menegaskan, tujuan dilaksanakannya pemeriksaan dan pembersihan senpi ini selain dalam rangka pengawasan, juga untuk menjamin kondisinya agar tetap baik saat digunakan.

"Kita ingin agar senjata itu jangan sampai kotor apalagi macet saat digunakan dalam keadaan kontijensi,” tegasnya

Personil harus mengerti cara membersihkan senjata, serta pengetahuan tentang peraturan menggunakan senjata api yang baik dan benar” terang Kapolsek Larangan.

Diterbitkan di Sabhara

Tribratanewspolresbrebes.com - Untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Tonjong, serta sebagai pelindung, pengayom dan pelayan bagi masyarakat, Kanit Binmas Kepolisian Sektor (Polsek) Tonjong Aiptu Joko St melaksanakan kegiatan rutin yaitu sambang diwilayah hukumnya, Jum’at (06/05/2018).

Dalam kegiatan ini Kanit Binmas Polsek Tonjong Aiptu Joko St melaksanakan giat sambangnya dengan sasaran menyambangi ibu-ibu jamiyah pengajian di Masjid Nurul Huda Desa Kutayu Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes sebanyak kurang lebih 35 jamaah bersama Bapak Wahyudi selaku perangkat Desa Kutayu.

Pada kesempatan ini Aiptu Joko St selain untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat maupun dengan tokoh agama juga memberikan pembinaan dan panyuluhan kepada ibu-ibu jamaah pengajian tentang ujaran kebencian dan berita hoax yang kian marak beredar di media sosial maupun media online lainnya serta mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam mambantu pelaksanaan pilkada 2018 berjalan aman dan kondusif.

Sementara itu Kapolres Brebes AKBP Sugiarto melalui Kasat Binmas Polres Brebes AKP Pranata, Sh, Mh melalui Kanit Binmas agar semua anggota Bhabinkamtibmas rutin melaksanakan giat sambang guna mempererat tali silahturohhim antara petugas Polisi dengan masyarakat, serta untuk mengetahui secara dini permasalahan yang ada di warga masyarakat di masing-masing desa binaanya.

Diterbitkan di Binkam

Tribratanewspolresbrebes.com - Bhabinkamtibmas  Desa Banjaratma  Brigadir Agus Winarno  melaksanakan giat  sambang di Desa Banjaratma kecamatan  Bulakamba Brebes beri  penyuluhan kepada  warga  masyarakat,Jum’at (06/04/2018 ) pukul 14.30 wib.

Upaya menciptakan wilayah yang aman dan kondusif, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bulakamba Polres Brebesi Brigadir Agus Winarno melaksanakan patroli dialogis sambangi warga kampung desa Banjaratma kecamatan Bulakamba Brebes. beri  penyuluhan kepada  warga  masyarakat. Giat  yang  dilakukan  Brigadir Agus  Winarno  sekaligus  menyampaikan  pesan  kamtibmas agar  selalu  waspada  dan  siaga  terhadap  tindak  kriminalitas  yang   bisa  dating  kapanpun.

Brigadir  Agus  Winarno  juga  mengatakan  Kami akan  selalu  beri  penyuluhan  kepada  warga  masyarakat  agar  selalu  meningkatkan  hubungan  silaturohim  dengan  Bhabinkamtibmas.

Sementara itu Kapolres Brebes AKBP Sugiarto melalui Kapolsek Bulakamba mengatakan tidak hanya Bhabinkamtibmas desa Banjaratma saya  juga memerintahkan kepada  semua  Bhabinkamtibmas  di  Polsek Bulakamba agar selalu  lakukan  giat  sambang langsung ke warga dengan harapan warga masyarakat beri  penyuluhan serta peduli akan kamtibmas sehingga tercipta kondisi wilayah / lingkungan yang aman kondusif.

Kedapanya dengan dilakukan giat sambang Bhabinkamtibmas ke  masayarakat  secara  langsung bertujuan  untuk  jalin  kedekatan  dan  saling  bertukar  informasi . Merupkan  tugas  bhabinkamtibmas  untuk  lebih  dekat  dengan  masyarakat  dan  memberi  himbuan  kamtibmas  sehingga  tercipta  lingkungan  yang  aman  dan  kondusif  jauh  dari  gangguan  kamtibmas.

Diterbitkan di Binkam
Halaman 1 dari 3

ads