Time: 10:48

Lagi, Ratusan Personel Gabungan TNI Polri Bersihkan Aliran Sungai Sigeleng

Kamis, 15 Februari 2018 01:08

Tribratanewspolresbrebes.com – Pasca banjir Brebes 12 Februari 2018 dihari ketiga, beberapa desa terdampak masih menyisakan genangan air dari luapan Sungai Pemali, untuk desa yang belum kering total diantaranya adalah Desa Krasak dan Kaligangsa, ketinggian air bervariasi antara 20 sampai dengan 50 cm ditempat yang terendah.

 

Untuk itulah personel gabungan TNI-Polri dari Kodim 0713 Brebes dan Polres Brebes beserta BKO dari Yonif 407/Phadma Kusuma menggelar karya bhakti berupa pembersihan DAS Sigeleng dari sampah, enceng gondok serta tambak udang liar warga.

 

Kegiatan juga melibatkan relawan BPBD Brebes, anggota Linmas dan Satpol PP Brebes dan relawan dari Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes serta dibantu warga masyarakat sekitar di sepanjang aliran sungai Sigeleng Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes yang dimulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 Wib, Rabu (14/2/2018).

 

Memimpin langsung karya bhakti penanganan banjir dilapangan antara lain Dandim 0713/Brebes Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono, Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, Kepala Kantor Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes Drs. Edi Kusmanto, Kasatpol PP Brebes Drs. Budi Darmawan, serta Kabid Kewaspadaan BPBD Brebes Prabowo.

 

Sasaran pokok karya bhakti penanganan banjir ini adalah membersihkan saluran irigasi Sungai Sigeleng dari sampah dan tanaman enceng gondok, langkah ini mutlak diambil guna menghantarkan air banjir kemarin ke muara Pantai Randusanga Kulon sehingga diharapkan air banjir yang masih menggenangi warga di beberapa desa di Kecamatan Brebes Kota segera surut, warga dapat segera kembali kerumah dan mulai membersihkan lumpur maupun sampah.

 

“Kami juga mengangkat bambu maupun jaring tambak udang liar di dalam saluran irigasi Sigeleng, saya himbau kepada warga untuk tidak memelihara udang di saluran irigasi karena jaring dan patok tambak dari bambu maupun kayu dapat menimbulkan penumpukan sampah dan enceng gondok sehingga tidak lancar ke laut. Perlu menimbulkan kesadaran para warga khususnya di Desa Terlangu Brebes agar tidak membuat Sodetan-sodetan liar di sepanjang Tanggul Sungai Pemali,” kata Dandim 0713 Brebes. (Hms)

  

Nilai berita ini
(0 pilihan)
Baca 9 kali

ads

GALLERY GIAT

Silaturahmi dengan Media

Silaturahmi dengan Media

Ngobar Remmas Desa Kaliwlingi

Ngobar Remmas Desa Kaliwlingi

Upacara Ziarah Nasional Dalam Rangka HUT TNI ke 72

Upacara Ziarah Nasional Dalam Rangka HUT TNI ke 72

Silaturahmi Kapolres Brebes dengan Warga Desa Cikeusal Kidul, Cukeusal Lor dan Pamedaran

Silaturahmi Kapolres Brebes dengan Warga Desa Cikeusal Kidul, Cukeusal Lor dan Pamedaran

Flag Counter